Jumat, 22 Oktober 2010

“UPAYA PENERAPAN TECHNO ECONOMY PADA UMKM DI INDONESIA DENGAN MODEL PROGRAM DI KABUPATEN BANDUNG BARAT”


(Khalayak Sasaran Program pada Keluarga TKI yang Memiliki Usaha Mikro di Desa-Desa dalam Kecamatan Cililin, Sindang Kerta, dan sekitarnya)
Oleh : Kanaidi, SE., M.Si* dan Amrizal, SE., M.M
(Dipublikasi pada : Proceeding Seminar Nasional Univ. Widyatama ISSN 2086-5414, 25 Februari 2010)
ABSTRAK
Kegiatan ini bertujuan untuk mengupayakan penerapan techno economy yang dapat dilakukan LKM/S kepada pelaku UMKM dalam rangka pemberdayaan UMKM dan penanggulangan kemiskinan, serta sekaligus memetakan model implementasi pengintegrasian sektor riil ekonomi mikro dengan pendanaan UMKM yang dapat dilakukan terhadap para keluarga TKI di Bandung Barat, khususnya di desa-desa dalam Kecamatan Cililin, Sindang Kerta, dan sekitarnya.
Kegiatan ini dilakukan dalam 3 (tiga) tahapan, yaitu : Tahap persiapan dan pemantapan rencana, Tahap upaya penerapan techno cconomy, dan Tahap evaluasi, monitoring, dan pembinaan. Khalayak sasaran kegiatan ini adalah para calon Tenaga Kerja Indonesia, para keluarga TKI di desa-desa, dan para pelaku UMKM dan masyarakat di desa-desa.
Upaya penerapan techno economy dalam kegiatan ini dilakukan dengan memanfaatkan layanan LKM/S, yaitu pengelolaan Baitul Maal dan Baitul Tamwil, serta melaksanakan; Pelatihan pramuwisma, kewirausahaan (entrepreneurship) dan pelatihan tentang cara pemanfaatan akses pendanaan modal kerja, Pendampingan dalam pembentukan komunitas UMKM dan pengembangan usaha, pembentukan unit (agen) dari LKM/S, pemanfaatan sistem Information Technology (IT) yang sesuai dengan kondisi di lingkungan, Konsultasi dan bimbingan bagi keluarga TKI di desa-desa dalam Kecamatan Cililin, Sindang Kerta, dan sekitarnya dalam bidang manajemen keuangan UMKM, teknik produksi/operasi, dan manajemen pemasaran hasil UMKM, serta Konsultasi dan bimbingan cara mendapatkan bantuan pinjaman modal usaha ke LKM/S, guna pengembangan dari usaha yang telah dimiliki.
Target Luaran yang dapat diraih dari kegiatan ini yaitu ; terbentuknya 25 orang kader di 5 Kecamatan (masing-masing Kecamatan = 5 orang kader Desa), para keluarga TKI akan memahami dan mampu melaksanakan pengelolaan unit (agen) dari LKM/S, termasuk juga mampu memanfaatkan sistem Information Technology (IT) yang sesuai dengan kondisi di lingkungan desa, terbentuknya komunitas dan didapat model skema pembiayaan LKM/S kepada UMKM di desa-desa dan Kecamatan, serta terbentuk dukungan dari berbagai institusi/organisasi/asosiasi akan terkait dalam rangka pemberdayaan UMKM dan penanggulangan kemiskinan para keluarga TKI, khususnya di desa-desa dalam Kecamatan Cililin, Sindang Kerta, dan sekitarnya.
Kata kunci : techno economy, entrepreneurship, pemberdayaan UMKM, penanggulangan kemiskinan, dan keluarga TKI.


. . . . . . . . . . . . . (baca selengkapnya)

Artikel Lengkap dikompilasi oleh/ HUBUNGI :
Jln. Sariasih No. 54 BANDUNG 40151
HP. 08122353284 - 087822984716  Telp/Fax. 022-4267749
PIN BBm : 27CBC148      
-------------------------------------------------------------
Disamping itu, .........MUNGKIN Anda/ teman Anda BUTUH ini?
Kami memiliki beberapa Artikel/Jurnal tentang :

·         Jurnal “ICT” … click di http://ken-ict.blogspot.com/
·         Jurnal “Corporate Image” … click di http://ken-image1.blogspot.com/
·         Jurnal “Customer Value” … click di http://www.ken-value.blogspot.com/
·         Jurnal “Customer Loyalty” … click di http://ken-loyalty.blogspot.com/
·         Jurnal “Brand & Merek” … click di http://ken-merek.blogspot.com/
·         Jurnal “Service Quality” … click di http://ken-servqual1.blogspot.com/
·         Jurnal “MARKETING & BUSINESS” … click di http://ken-promark.blogspot.com/
·         Jurnal “Customer Satisfaction” … click di http://ken-kepuasan.blogspot.com/
·         Jurnal “Personal Selling” … click di http://ken-selling.blogspot.com/
·         Jurnal “Corporate Culture” … click di http://ken-culture.blogspot.com/
·         Jurnal “Customer Relationship Management (CRM)” … click di http://ken-crm.blogspot.com/
·         Jurnal “DELPHI METHOD” … click di http://ken-delphi.blogspot.com/
·         Jurnal “Kewirausahaan (Entrepreneurship)” … click di http://ken-entrepreneurship.blogspot.com/
·         Business Plan dan Marketing Plan… click di http://ken-businessplan.blogspot.com/
·         Artikel “Competitive Strategy” … click di http://ken-persaingan.blogspot.com/
·         Jurnal “Customer Behavior (Perilaku Konsumen)”… click di http://ken-behavior.blogspot.com/
·         Jurnal “LKMS (Lembaga Keuangan Mikro Syariah)”… click di http://lkmsnetkas.blogspot.com/
·         Artikel “Dunia PERIKLANAN” … click di http://ken-iklan.blogspot.com/
·         Artikel “QFD (Quality Function Deployment)” … click di http://ken-qfd.blogspot.com/
·         Artikel “STP (Segmenting, Targeting, & Positioning)”  … click di http://ken-stp.blogspot.com/
·         Jurnal “e-COMMERCE”....click di http://ken-international.blogspot.com/
·         Jurnal “BALANCED SCORECARD”....click di http://ken-keuangan.blogspot.com/
·         Jurnal “MANAJEMEN SDM” .....click di http://ken-msdm.blogspot.com/
·         Jurnal “CUSTOMER TRUST”.....click di  http://www.ken-trust.blogspot.com/
·         Jurnal “Good Corporate Governance (GCG)” … click di http://ken-gcg.blogspot.com/
·         Jurnal “CSR”  … click di http://ken-csr1.blogspot.com/
·         Jurnal “MEREK (Brand)”  … click di http://ken-merek.blogspot.com/
·         Jurnal “PERIKLANAN (Advertising)”  … click di http://ken-iklan.blogspot.com atau di http://ken-iklan1.blogspot.com/ atau di http://ken-iklan2.blogspot.com/ atau di http://ken-iklani.blogspot.com/
·         Jurnal “Manajemen Retail”  … click di http://ken-retail.blogspot.com/
·         Jurnal “Komunikasi Pemasaran Terpadu (IMC)”  … click di http://ken-imc.blogspot.com/
·         Jurnal “Internal Marketing” … click di http://ken-im.blogspot.com/
·         Jurnal “EXPERIENTIAL MARKETING”  … click di http://ken-experiental.blogspot.com/
·         “Peluang BISNIS ONLINE” secara Sederhana……MINAT?... coba lihat (click) dulu di http://formulabisnis.com/?id=ken_kanaidi
. . . . . . . . . . . . . (baca selengkapnya)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar