Jumat, 22 Oktober 2010

ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN BANK

MELALUI PENDEKATAN LIKUIDITAS, SOLVABILITAS, DAN RENTABILITAS
PADA BANK MUAMALAT INDONESIA, BANK SYARIAH MANDIRI,
DAN BANK MEGA SYARIAH INDONESIA
Oleh : Hodijah
(Dipublikasi pada : Jurnal, 2009 hal 1-11)

ABSTRAK

Perhitungan rasio sangat penting bagi pihak luar yang ingin menilai laporan keuangan suatu perusahaan. Karena itu dilakukan penelitian untuk mengukur kinerja bank syariah melalui pendekatan rasio likuiditas, solvabilitas, dan rentabilitas terhadap Bank Muamalat Indonesia, Bank Syariah Mandiri, dan Bank Syariah Mega Indonesia. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kinerja keuangan masing-masing bank dan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan antara rata-rata dari rasio-rasio yang diuji pada perbankan syariah yang menjadi objek penelitian.
Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling method. Kemudian data diolah dengan menggunakan SPSS versi 17, analisis data dilakukan dengan menggunakan One Way ANOVA.
Pengolahan data dari hasil pengukuran kinerja keuangan dengan menggunakan rasio likuiditas, solvabilitas dan rentabilitas pada ketiga bank syariah tersebut tidak menunjukkan adanya perbedaan.
Kata Kunci: Likuiditas, Solvabilitas, Rentabilitas.


ABSTRACT

Counting of ratio is very important for human in outside who want to evaluation the finance report company. Beside of that clarification explanation to measure job of management bank syariah using likuidity ratio, solvability ratio and rentability ratio about Bank Muamalat Indonesia, Bank Syariah Mandiri, dan Bank Syariah Mega Indonesia. This research have a goal to know how about finance condition at bank syariah.
The sample is take using purposive sampling methode. Then the data will be process using SPSS version 17, analyse of data with One Way Anova.
Processing of data from the measure job of finance with using likuidity ratio, solvability ratio and rentability ratio at three bank syariah is not same
Keyword: Likuidity, Solvability, Rentability.

Pendahuluan
Perbankan Islam adalah bentuk layanan keuangan beretika yang prinsip dasarnya bersumber dari syariah. Elemen penting dari syariah adalah larangan terhadap bunga (riba), baik nominal, sederhana atau bunga berbunga, berbunga tetap maupun berbunga mengambang. Elemen lainnya mencakup penekanan pada kontrak yang adil, keterkaitan antara keuangan dengan produktivitas, keinginan untuk membagi keuntungan dan larangan terhadap judi serta berbagai ketidakpastian lainnya. Walau Indonesia sebagai sebuah negara dengan pemeluk agama Islam terbesar, produk keuangan berprinsip syariah baru dikenal beberapa tahun yang lalu dan masih sangat terbatas. Dimulai dari sektor perbankan, dengan berdirinya Bank Muamalat Indonesia pada November 1991. Prinsip syariah tidak hanya terbatas pada konteks perbankan, melainkan juga meliputi berbagai kegiatan ekonomi dan investasi, termasuk di pasar modal dan asuransi.
Perkembangan perbankan syariah di Indonesia tak lepas dari pengelolaan pihak manajemennya. Masing-masing bank memiliki cara kerja yang berbeda dalam mengembangkan usahanya sehingga prestasi atau kinerjanya pun berlainan.
Penilaian kinerja berasal dari penentuan secara periodik tentang . . . . . .. . . . . . . . . . . . . (baca selengkapnya)


Artikel Lengkap dikompilasi oleh/ HUBUNGI :
Jln. Sariasih No. 54 BANDUNG 40151
HP. 08122353284 - 087822984716  Telp/Fax. 022-4267749
PIN BBm : 27CBC148      
-------------------------------------------------------------
Disamping itu, .........MUNGKIN Anda/ teman Anda BUTUH ini?
Kami memiliki beberapa Artikel/Jurnal tentang :

·         Jurnal “ICT” … click di http://ken-ict.blogspot.com/
·         Jurnal “Corporate Image” … click di http://ken-image1.blogspot.com/
·         Jurnal “Customer Value” … click di http://www.ken-value.blogspot.com/
·         Jurnal “Customer Loyalty” … click di http://ken-loyalty.blogspot.com/
·         Jurnal “Brand & Merek” … click di http://ken-merek.blogspot.com/
·         Jurnal “Service Quality” … click di http://ken-servqual1.blogspot.com/
·         Jurnal “MARKETING & BUSINESS” … click di http://ken-promark.blogspot.com/
·         Jurnal “Customer Satisfaction” … click di http://ken-kepuasan.blogspot.com/
·         Jurnal “Personal Selling” … click di http://ken-selling.blogspot.com/
·         Jurnal “Corporate Culture” … click di http://ken-culture.blogspot.com/
·  Jurnal “Customer Relationship Management (CRM)” … click di http://ken-crm.blogspot.com/
·         Jurnal “DELPHI METHOD” … click di http://ken-delphi.blogspot.com/
· Jurnal “Kewirausahaan (Entrepreneurship)” … click di http://ken-entrepreneurship.blogspot.com/
·         Business Plan dan Marketing Plan… click di http://ken-businessplan.blogspot.com/
·         Artikel “Competitive Strategy” … click di http://ken-persaingan.blogspot.com/
· Jurnal “Customer Behavior (Perilaku Konsumen)”… click di http://ken-behavior.blogspot.com/
· Jurnal “LKMS (Lembaga Keuangan Mikro Syariah)”… click di http://lkmsnetkas.blogspot.com/
·         Artikel “Dunia PERIKLANAN” … click di http://ken-iklan.blogspot.com/
·         Artikel “QFD (Quality Function Deployment)” … click di http://ken-qfd.blogspot.com/
·  Artikel “STP (Segmenting, Targeting, & Positioning)”  … click di http://ken-stp.blogspot.com/
·         Jurnal “e-COMMERCE”....click di http://ken-international.blogspot.com/
·         Jurnal “BALANCED SCORECARD”....click di http://ken-keuangan.blogspot.com/
·         Jurnal “MANAJEMEN SDM” .....click di http://ken-msdm.blogspot.com/
·         Jurnal “CUSTOMER TRUST”.....click di  http://www.ken-trust.blogspot.com/
·         Jurnal “Good Corporate Governance (GCG)” … click di http://ken-gcg.blogspot.com/
·         Jurnal “CSR”  … click di http://ken-csr1.blogspot.com/
·         Jurnal “MEREK (Brand)”  … click di http://ken-merek.blogspot.com/
·     Jurnal “PERIKLANAN (Advertising)”  … click di http://ken-iklan.blogspot.com atau di http://ken-iklan1.blogspot.com/ atau di http://ken-iklan2.blogspot.com/ atau di http://ken-iklani.blogspot.com/
·         Jurnal “Manajemen Retail”  … click di http://ken-retail.blogspot.com/
·         Jurnal “Komunikasi Pemasaran Terpadu (IMC)”  … click di http://ken-imc.blogspot.com/
·         Jurnal “Internal Marketing” … click di http://ken-im.blogspot.com/
·         Jurnal “EXPERIENTIAL MARKETING”  … click di http://ken-experiental.blogspot.com/
·         “Peluang BISNIS ONLINE” secara Sederhana……MINAT?... coba lihat (click) dulu di http://formulabisnis.com/?id=ken_kanaidi
. . . . . . . . . . . . . (baca selengkapnya)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar