Oleh : Kanaidi, SE., M.Si
(Publikasi pada PROCEEDING Seminar
Nasional Menuju Masyarakat Madani dan Lestari, Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat - Universitas Islam
Indonesia, 18 Desember 2012)
ABSTRAK
Kegiatan
ini bertujuan untuk mengupayakan penerapan Ipteks yang dapat dilakukan LKMS kepada pelaku UMK,
yaitu mahasiswa dan komunitas mahasiswa pelaku usaha, pelaku usaha lainnya di lingkungan
kampus, serta para
dosen yang memiliki potensi pembentukan dan pengembangan usaha dalam upaya menumbuhkan budaya
kewirausahaan mahasiswa dan dosen di lingkungan
kampus, serta
sekaligus memetakan model implementasi pengintegrasian sektor riil ekonomi
mikro dengan pendanaan UMK yang dapat dilakukan terhadap para pelaku UMK di lingkungan kampus. Kegiatan ini dilakukan dalam 3 (tiga) tahapan, yaitu : Tahap
persiapan dan pemantapan rencana, Tahap upaya penerapan Ipteks, dan Tahap evaluasi, monitoring, dan pembinaan.
Kegiatan
ini dilakukan dengan memanfaatkan layanan LKMS, yaitu pengelolaan BMT,
serta mengupayakan tumbuhnya budaya kewirausahaan di lingkungan kampus melalui : (1) adanya pendampingan bagi pelaku
UMK, (2) adanya pendampingan
kewirausahaan, dan (3) adanya peningkatan
pelayanan jasa keuangan mikro syariah
bagi komunitas yang berpotensi untuk membuka
usaha mikro dan kecil, di samping adanya konsultasi, bimbingan, dan monitoring bagi pelaku UMK.
Bentuk
implementasi pengintegrasian sektor riil ekonomi mikro dan pendanaan UMK di
lingkungan kampus dilakukan dengan ; (1) adanya peningkatan jumlah cabang/unit
usaha yang akan memberikan pelayanan
jasa keuangan mikro bagi pelaku UMK yang berpotensi untuk membuka usaha mikro dan
kecil, dan (2) adanya pendampingan dalam pembentukan unit (agen) dari LKMS,
serta (3) adanya konsultasi, bimbingan, dan monitoring dalam pengelolaan, serta adanya dukungan
dari pihak-pihak terkait.
Kata kunci : Baitul Maal waa Tamwil, Lembaga Keuangan Mikro Syariah,
Entrepreneurship, Pelaku UMK.
A.2 Motivasi diselenggarakannya Kegiatan
Hal yang mendorong dilakukannya kegiatan ini
adalah untuk :
1) mendukung terciptanya
laboratorium hidup bagi mahasiswa dan dosen yang ada di lingkungan kampus, yang
juga diharapkan dapat menjadi
tempat praktikan dan sebagai sarana percepatan proses
pengembangan budaya kewirausahaan
di lingkungan kampus, sekaligus up-dating ipteks bagi usaha mahasiswa dan dosen di Politeknik Pos Indonesia,
2) menunjang perlaksanaan program
studi D4-Manajemen Bisnis/Perusahaan Politeknik Pos Indonesia melalui bukti nyata
pengelolaan kegiatan usaha di laboratorium hidup yang ada di lingkungan kampus,
3) membantu menciptakan akses bagi
terciptanya wirausaha mandiri baru di lingkungan kampus, sekaligus membantu
peningkatan produktivitas bagi
mahasiswa dan dosen di Politeknik Pos Indonesia,
4) memberikan pengalaman kerja
kepada mahasiswa, yaitu melalui adanya kesempatan bagi mahasiswa untuk terlibat langsung bekerja praktek/magang pada laboratorium hidup yang ada di lingkungan
kampus, dan
5) mendorong peningkatan atensi
akademisi terhadap kelompok masyarakat, yaitu berkembangnya budaya pemanfaatan
hasil riset perguruan tinggi bagi masyarakat, termasuk menemu-kenali metode yang diterapkan di dunia
usaha, baik dari aspek teknologi produksi yang digunakan, maupun dari aspek
manajemen pengelolaan usaha.
. . .. . . (baca_selengkapnya )
Artikel lengkap dikompilasi oleh/hubungi :
Kanaidi, SE., M.Si (Penulis, Peneliti, PeBisnis, Trainer dan Dosen Marketing Management).
Kanaidi, SE., M.Si (Penulis, Peneliti, PeBisnis, Trainer dan Dosen Marketing Management).
e-mail ke : kana_ati@yahoo.com atau kanaidi@poltekpos.ac.id
-------------------------------
Butuh Artikel/Jurnal Lainnya ?, click di :
Jurnal “BALANCED
SCORECARD”....click di http://ken-keuangan.blogspot.com/
Jurnal “MANAJEMEN SDM” .....click di http://ken-msdm.blogspot.com/
Jurnal “CUSTOMER TRUST”.....click
di http://www.ken-trust.blogspot.com/
Jurnal “Good Corporate
Governance (GCG)” … click di http://ken-gcg.blogspot.com/
Jurnal “ICT” … click di http://ken-ict.blogspot.com/
Jurnal “Corporate Image”
… click di http://ken-image1.blogspot.com/
Jurnal “Customer Value”
… click di http://www.ken-value.blogspot.com/
Jurnal “Customer
Loyalty” … click di http://ken-loyalty.blogspot.com/
Jurnal “Brand &
Merek” … click di http://ken-merek.blogspot.com/
Jurnal “Service Quality”
… click di http://ken-servqual1.blogspot.com/
Jurnal “MARKETING &
BUSINESS” … click di http://ken-promark.blogspot.com/
Jurnal “Customer
Satisfaction” … click di http://ken-kepuasan.blogspot.com/
Jurnal “Personal
Selling” … click di http://ken-selling.blogspot.com/
Jurnal “Corporate
Culture” … click di http://ken-culture.blogspot.com/
Jurnal “Customer
Relationship Management (CRM)” … click di http://ken-crm.blogspot.com/
Jurnal “DELPHI METHOD” …
click di http://ken-delphi.blogspot.com/
Jurnal “Kewirausahaan
(Entrepreneurship)” … click di http://ken-entrepreneurship.blogspot.com/
Business Plan dan
Marketing Plan… click di http://ken-businessplan.blogspot.com/
Artikel “Competitive
Strategy” … click di http://ken-persaingan.blogspot.com/
Jurnal “Customer
Behavior (Perilaku Konsumen)”… click di http://ken-behavior.blogspot.com/
Jurnal “LKMS (Lembaga
Keuangan Mikro Syariah)”… click di http://lkmsnetkas.blogspot.com/
Artikel “Dunia
PERIKLANAN” … click di http://ken-iklan.blogspot.com/
Artikel “QFD (Quality
Function Deployment)” … click di http://ken-qfd.blogspot.com/
Artikel “STP (Segmenting,
Targeting, & Positioning)” … click
di http://ken-stp.blogspot.com/
Jurnal “EXPERIENTIAL MARKETING” … click di http://ken-experiental.blogspot.com/
Jurnal “CSR” … click di http://ken-csr1.blogspot.com/
Jurnal “MEREK (Brand)” … click di
http://ken-merek.blogspot.com/
Jurnal “PERIKLANAN (Advertising)”
… click di http://ken-iklan.blogspot.com atau
di http://ken-iklan1.blogspot.com/ atau
di http://ken-iklan2.blogspot.com/ atau
di http://ken-iklani.blogspot.com/
Jurnal “Manajemen Retail” … click
di http://ken-retail.blogspot.com/
Jurnal “Bisnis Internasional & e-Commerce” … click di http://ken-international.blogspot.com/
Jurnal “Komunikasi Pemasaran Terpadu (IMC)” … click di http://ken-imc.blogspot.com/
http://dppm.uii.ac.id/materi-seminar/18-desember-2012-seminar-nasional-menuju-masyarakat-madani-dan-lestari.html
Saya akan sangat merekomendasikan layanan pinjaman Mr Pedro kepada siapa pun yang membutuhkan bantuan keuangan, dan mereka akan membuat Anda tetap di atas direktori tinggi untuk kebutuhan lebih lanjut. Sekali lagi, saya memuji diri Anda dan staf Anda untuk layanan dan layanan pelanggan yang luar biasa, karena ini adalah aset besar bagi perusahaan Anda dan pengalaman yang menyenangkan bagi peminjam seperti saya. Berharap yang terbaik untuk masa depan Anda. Pak Pedro adalah cara terbaik untuk mendapatkan pinjaman mudah, ini email mereka. pedroloanss@gmail.com Atau WhatsApp: +18632310632 Terima kasih telah membantu saya dengan pinjaman sekali lagi dengan tulus hati saya selamanya berterima kasih.
BalasHapusAnda dapat menghubungi Mr Pedro Jerome untuk bantuan keuangan berikut seperti Home Loan, Car Loan, Business Loan, Personal Loan, Merchant Loan, Loan.