Jumat, 16 Maret 2012

Expected Return dan Risiko Pengujian Consumption-Based Capital Asset Pricing Model (CCAPM) Pasar Saham Indonesia

oleh : Darwin Zahedy Saleh
(Publikasi pada : Integritas - Jurnal Manajemen Bisnis, Vol. 3 No. 1. April - Juli 2010)

Abstract
The aim of the study is to assess the positive relation between expected return of asset or portofolio with its consumption beta, using consumption-based capital asset pricing model (CCAPM) (Breden, 1979) in Indonesia Stock Exchange market. Hypothesis testing in this research utilizing two-step econometric models: first pass regression and second pass regression. Based on the test, there is no linear and positive relation between expected return and consumption beta. The results suggest the limited correlation between the aggregate of consumption level and historical return movement.
The research does not support CCAPM theory. The results indicate another factor aside from consumption in determining stock exchange return. It shows the fact that the small proportion of investor compared to the population of the country affects how the consumption data should be interpreted carefully since the data reflect more on non-investor consumer consumption.

Abstrak
Studi ini bertujuan untuk menguji hubungan positif antara expected return suatu aset atau portofolio dengan beta konsumsinya menggunakan model CCAPM Breeden (1979) pada pasar saham Indonesia. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan model ekonometrik dua tahap regresi, yaitu regresi tahap pertama (first pass regression) dan regresi tahap kedua (second pass regression). Berdasarkan hasil pengujian regresi dengan data agregat menunjukkan tidak terdapat bukti adanya hubungan yang linear dan positif antara expected return suatu portofolio dengan beta konsumsinya. Hasil tersebut mencerminkan bahwa hubungan antara tingkat perubahan konsumsi dengan pergerakan return saham-saham di pasar modal Indonesia masih relatif terbatas. Dengan tidak terbuktinya hubungan antara expected return dengan beta konsumsi tersebut, berarti bukti-bukti empiris penelitian ini tidak mendukung teori CCAPM (Breeden, 1979).
Hasil itu mengindikasikan adanya faktor lain selain konsumsi yang menentukan return. Alasan lain atas hasil pengujian pada penelitian data agregat tersebut, terkait dengan proporsi investor Indonesia yang sangat kecil dibanding jumlah penduduk Indonesia. Hal tersebut membuat data konsumsi yang digunakan lebih banyak mencerminkan tingkat konsumsi non-investor consumer, sehingga fluktuasi pergerakan return di waktu yang lalu yang dialami investor tidak berhubungan dengan tingkat perubahan konsumsi.

Keywords: CCAPM, intertemporal, Beta, Expected return

Capital Asset Pricing Model (CAPM) hingga waktu belakangan ini masih dipandang sebagai model yang mampu menawarkan penjelasan yang intuitif dan kuat mengenai pengukuran risiko dan hubungannya dengan expected return (Fama dan French, 2004). Namun, sejumlah catatan hasil uji empiris yang kurang meyakinkan telah melemahkan pengaplikasian CAPM di dunia nyata.
Pernyataan Fama dan French (2004) tersebut terkait dengan beberapa penelitian terdahulu seperti yang dilakukan oleh Lintner (1965), Black, Jensen, dan Scholes (1972), Fama dan MacBeth (1973), yang mencoba menguji keabsahan β (yang melambangkan faktor risiko sistematik sekuritas) yang oleh CAPM disebutkan sebagai faktor ...... . . . . . . . . . . . . (baca selengkapnya)


Artikel Lengkap dikompilasi oleh/ HUBUNGI :
Jln. Sariasih No. 54 BANDUNG 40151
HP. 08122353284 - 087822984716  Telp/Fax. 022-4267749
PIN BBm : 27CBC148      
-------------------------------------------------------------
Disamping itu, .........MUNGKIN Anda/ teman Anda BUTUH ini?
Kami memiliki beberapa Artikel/Jurnal tentang :


·         Jurnal “ICT” … click di http://ken-ict.blogspot.com/
·         Jurnal “Corporate Image” … click di http://ken-image1.blogspot.com/
·         Jurnal “Customer Value” … click di http://www.ken-value.blogspot.com/
·         Jurnal “Customer Loyalty” … click di http://ken-loyalty.blogspot.com/
·         Jurnal “Brand & Merek” … click di http://ken-merek.blogspot.com/
·         Jurnal “Service Quality” … click di http://ken-servqual1.blogspot.com/
·         Jurnal “MARKETING & BUSINESS” … click di http://ken-promark.blogspot.com/
·         Jurnal “Customer Satisfaction” … click di http://ken-kepuasan.blogspot.com/
·         Jurnal “Personal Selling” … click di http://ken-selling.blogspot.com/
·         Jurnal “Corporate Culture” … click di http://ken-culture.blogspot.com/
·         Jurnal “Customer Relationship Management (CRM)” … click di http://ken-crm.blogspot.com/
·         Jurnal “DELPHI METHOD” … click di http://ken-delphi.blogspot.com/
·         Jurnal “Kewirausahaan (Entrepreneurship)” … click di http://ken-entrepreneurship.blogspot.com/
·         Business Plan dan Marketing Plan… click di http://ken-businessplan.blogspot.com/
·         Artikel “Competitive Strategy” … click di http://ken-persaingan.blogspot.com/
·         Jurnal “Customer Behavior (Perilaku Konsumen)”… click di http://ken-behavior.blogspot.com/
·         Jurnal “LKMS (Lembaga Keuangan Mikro Syariah)”… click di http://lkmsnetkas.blogspot.com/
·         Artikel “Dunia PERIKLANAN” … click di http://ken-iklan.blogspot.com/
·         Artikel “QFD (Quality Function Deployment)” … click di http://ken-qfd.blogspot.com/
·         Artikel “STP (Segmenting, Targeting, & Positioning)”  … click di http://ken-stp.blogspot.com/
·         Jurnal “e-COMMERCE”....click di http://ken-international.blogspot.com/
·         Jurnal “BALANCED SCORECARD”....click di http://ken-keuangan.blogspot.com/
·         Jurnal “MANAJEMEN SDM” .....click di http://ken-msdm.blogspot.com/
·         Jurnal “CUSTOMER TRUST”.....click di  http://www.ken-trust.blogspot.com/
·         Jurnal “Good Corporate Governance (GCG)” … click di http://ken-gcg.blogspot.com/
·         Jurnal “CSR”  … click di http://ken-csr1.blogspot.com/
·         Jurnal “MEREK (Brand)”  … click di http://ken-merek.blogspot.com/
·         Jurnal “PERIKLANAN (Advertising)”  … click di http://ken-iklan.blogspot.com atau di http://ken-iklan1.blogspot.com/ atau di http://ken-iklan2.blogspot.com/ atau di http://ken-iklani.blogspot.com/
·         Jurnal “Manajemen Retail”  … click di http://ken-retail.blogspot.com/
·         Jurnal “Komunikasi Pemasaran Terpadu (IMC)”  … click di http://ken-imc.blogspot.com/
·         Jurnal “Internal Marketing” … click di http://ken-im.blogspot.com/
·         Jurnal “EXPERIENTIAL MARKETING”  … click di http://ken-experiental.blogspot.com/
·         “Peluang BISNIS ONLINE” secara Sederhana……MINAT?... coba lihat (click) dulu di http://formulabisnis.com/?id=ken_kanaidi
. . . . . . . . . . . . . (baca selengkapnya)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar