Senin, 13 Juni 2011

”PERANAN LKMS Net KAS POLTEKPOS DALAM UPAYA MENUMBUHKAN BUDAYA KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA DAN DOSEN DI LINGKUNGAN KAMPUS POLITEKNIK POS INDONESIA”


oleh : Kanaidi, Amrizal, Imam Kambali, & Saryono

A. Analisis Situasi
A.1 Latar Belakang
Politeknik Pos Indonesia (POLTEKPOS) merupakan lembaga pendidikan vokasional yang berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Bhakti Pos Indonesia (YPBPI) didirikan tahun 2001 dalam rangka memenuhi kebutuhan tenaga-tenaga profesional yang memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan dunia industri/usaha.
Kampus Politeknik Pos Indonesia berdiri di atas lahan seluas 44.406 m2, dengan luas bangunan 20.930 m2, terletak di daerah Bandung Utara dengan udara yang sejuk dan lingkungan kampus yang bersih. Politeknik Pos Indonesia memiliki fasilitas yang lengkap dan berkualitas serta didukung dengan atmosfir pendidikan yang menyenangkan dengan tenaga pengelola dan pengajar yang memiliki kompetensi sesuai bidangnya. Politeknik Pos Indonesia memiliki 5 (lima) jurusan, yaitu : Teknik Informatika (TI), Manajemen Informatika (MI), Manajemen Pemasaran (MP), Akuntansi (AKT-termasuk juga konsentrasi studi Micro Finance), dan Logistik Bisnis (LB).
Dalam setiap tahunnya Politeknik Pos Indonesia memiliki mahasiswa rata-rata sekitar 1.700 orang, yang berasal dari berbagai kabupaten/kota di seluruh Indonesia.
Di samping itu, dari sekian banyak mahasiswa tersebut di atas terdapat juga sekitar 5 % sampai 10 % dari keseluruhan mahasiswa yang mencoba menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sudah didapat di kelas ke dalam praktek nyata di bidang kewirausahaan. Kewirausahaan yang dilakukan para mahasiswa dan dosen tersebut, sebagian besar bergerak dalam bidang mikro dengan berbagai jenis usaha yang dijalankan. Namun demikian, selama proses pembelajaran dan penerapan kewirausahaan, penumbuhan budaya kewirausahaan di kalangan mahasiswa dan dosen di lingkungan kampus tersebut juga masih mengalami kesulitan. Hal ini mengingat masih terbatasnya ketersediaan sarana praktik usaha dan sumber dana pendukung dalam tumbuh dan kembangnya kelangsungan usaha di lingkungan kampus.
Melihat situasi dan fenomena sebagaimana uraian di atas, dipandang perlu . . .
. . . . . . . . . . . . . (baca selengkapnya)

Artikel Lengkap dikompilasi oleh/ HUBUNGI :
Jln. Sariasih No. 54 BANDUNG 40151
HP. 08122353284 - 087822984716  Telp/Fax. 022-4267749
PIN BBm : 27CBC148      
-------------------------------------------------------------
Disamping itu, .........MUNGKIN Anda/ teman Anda BUTUH ini?
Kami memiliki beberapa Artikel/Jurnal tentang :


·         Jurnal “ICT” … click di http://ken-ict.blogspot.com/
·         Jurnal “Corporate Image” … click di http://ken-image1.blogspot.com/
·         Jurnal “Customer Value” … click di http://www.ken-value.blogspot.com/
·         Jurnal “Customer Loyalty” … click di http://ken-loyalty.blogspot.com/
·         Jurnal “Brand & Merek” … click di http://ken-merek.blogspot.com/
·         Jurnal “Service Quality” … click di http://ken-servqual1.blogspot.com/
·         Jurnal “MARKETING & BUSINESS” … click di http://ken-promark.blogspot.com/
·         Jurnal “Customer Satisfaction” … click di http://ken-kepuasan.blogspot.com/
·         Jurnal “Personal Selling” … click di http://ken-selling.blogspot.com/
·         Jurnal “Corporate Culture” … click di http://ken-culture.blogspot.com/
·         Jurnal “Customer Relationship Management (CRM)” … click di http://ken-crm.blogspot.com/
·         Jurnal “DELPHI METHOD” … click di http://ken-delphi.blogspot.com/
·         Jurnal “Kewirausahaan (Entrepreneurship)” … click di http://ken-entrepreneurship.blogspot.com/
·         Business Plan dan Marketing Plan… click di http://ken-businessplan.blogspot.com/
·         Artikel “Competitive Strategy” … click di http://ken-persaingan.blogspot.com/
·         Jurnal “Customer Behavior (Perilaku Konsumen)”… click di http://ken-behavior.blogspot.com/
·         Jurnal “LKMS (Lembaga Keuangan Mikro Syariah)”… click di http://lkmsnetkas.blogspot.com/
·         Artikel “Dunia PERIKLANAN” … click di http://ken-iklan.blogspot.com/
·         Artikel “QFD (Quality Function Deployment)” … click di http://ken-qfd.blogspot.com/
·         Artikel “STP (Segmenting, Targeting, & Positioning)”  … click di http://ken-stp.blogspot.com/
·         Jurnal “e-COMMERCE”....click di http://ken-international.blogspot.com/
·         Jurnal “BALANCED SCORECARD”....click di http://ken-keuangan.blogspot.com/
·         Jurnal “MANAJEMEN SDM” .....click di http://ken-msdm.blogspot.com/
·         Jurnal “CUSTOMER TRUST”.....click di  http://www.ken-trust.blogspot.com/
·         Jurnal “Good Corporate Governance (GCG)” … click di http://ken-gcg.blogspot.com/
·         Jurnal “CSR”  … click di http://ken-csr1.blogspot.com/
·         Jurnal “MEREK (Brand)”  … click di http://ken-merek.blogspot.com/
·         Jurnal “PERIKLANAN (Advertising)”  … click di http://ken-iklan.blogspot.com atau di http://ken-iklan1.blogspot.com/ atau di http://ken-iklan2.blogspot.com/ atau di http://ken-iklani.blogspot.com/
·         Jurnal “Manajemen Retail”  … click di http://ken-retail.blogspot.com/
·         Jurnal “Komunikasi Pemasaran Terpadu (IMC)”  … click di http://ken-imc.blogspot.com/
·         Jurnal “Internal Marketing” … click di http://ken-im.blogspot.com/
·         Jurnal “EXPERIENTIAL MARKETING”  … click di http://ken-experiental.blogspot.com/
·         “Peluang BISNIS ONLINE” secara Sederhana……MINAT?... coba lihat (click) dulu di http://formulabisnis.com/?id=ken_kanaidi
. . . . . . . . . . . . . (baca selengkapnya)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar