Oleh : Ceacilia Sri Mindarti & Elen Puspitasari
(Publikasi pada : Proceeding Seminar Nasional
Akuntansi - Bisnis (SNAB) 2012, 27 Maret 2012, ISSN : 2252-3936)
ABSTRACT
Under-reporting time can be caused by differences arising from individual factors such as organizational commitment auditor, the individual expertise of auditors, and auditor’s performance. The purpose of this study was to analyze the influence of individual factors to the acceptance of under-reporting time with the auditor’s performance as an intervening variable.
The data source of this study were auditors working in audit firms in Indonesia. The data was collected using survey method by sending questionnaires to the respondents by mail. There were 230 respondents participating in this study.
The result of this study has shown that auditor expertise has no influence to auditor’s performance. On the other hand organizational commitment had a positive influence to the auditor’s performance. This study also find that auditor’s performance and auditor’s expertise have a negative influence to the acceptance of a under-reporting time. This study provides theoretical support to the notion that internal factors may affect the acceptance of individual auditors under-reporting time.
Keywords: Auditor Expertise, Auditor Performance, Organizational Commitment, and Under-reporting Time
1. PENDAHULUAN
Auditor dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab profesionalnya harus berpedoman pada standar audit (Pernyataan Standar Audit–PSA). Standar tersebut terdiri dari standar umum, standar pekerjaan lapangan dan standar pelaporan serta kode etik akuntan. Standar tersebut harus dipatuhi oleh seluruh anggota dan akuntan publik yang beroperasi sebagai auditor independen (Arens dan Loebbecke, 1995). Pada kondisi persaingan industri dan profesi yang semakin ketat, auditor dituntut untuk selalu mempertahankan kinerjanya agar kualitas audit tetap terjaga. Jika auditor dalam melakukan pekerjaannya telah sesuai dengan standar professional, maka kepercayaan terhadap auditor dapat dipertahankan (McDaniel, 1990), sehingga kualitas audit akan meningkat.
Kenyataan yang ditemukan di dalam praktek audit masih menunjukkan banyak auditor yang melakukan penyimpangan terhadap kode etik dan standar audit (Irawati, Petronila, dan Mukhlasin, 2005). Penyimpangan tersebut dapat mempengaruhi audit yang dilakukan bahkan dapat menyebabkan kegagalan audit (Donnelly, Quirin, dan O’Bryan, 2003). Tindakan under-reporting time merupakan salah satu bentuk penyimpangan yang dilakukan auditor dalam praktek audit. Under-reporting time adalah melaporkan waktu yang dibutuhkan untuk audit lebih pendek daripada waktu yang sesungguhnya. Perilaku ini terjadi karena auditor tidak melaporkan dan tidak membebankan seluruh waktu yang digunakan untuk melakukan tugas audit tertentu, seperti mengerjakan program audit dengan menggunakan waktu personal, dan tidak melaporkan waktu lembur yang digunakan dalam ... .... . . . . . . . . . . . .
(baca selengkapnya)
Artikel
Lengkap dikompilasi oleh/ HUBUNGI :
Kanaidi, SE., M.Si (Penulis “Buku Dasar-Dasar PERIKLANAN”, Service
Quality and Motivation
Trainer, Dosen Marketing Management, Praktisi
Bisnis)
Jln.
Sariasih No. 54 BANDUNG 40151
HP. 08122353284
- 087822984716 Telp/Fax. 022-4267749
PIN BBm :
27CBC148
Facebook : Kanaidi Ken & Kanaidi Ken Part II
-------------------------------------------------------------
Butuh
Artikel/Jurnal Lainnya ?, click di :
Kami memiliki beberapa
Artikel/Jurnal tentang :
- Jurnal “BALANCED SCORECARD”....click di http://ken-keuangan.blogspot.com/
- Jurnal “MANAJEMEN SDM” .....click di http://ken-msdm.blogspot.com/
- Jurnal “CUSTOMER TRUST”.....click di http://www.ken-trust.blogspot.com/
- Jurnal “Good Corporate Governance (GCG)” … click di http://ken-gcg.blogspot.com/
- Jurnal “ICT” … click di http://ken-ict.blogspot.com/
- Jurnal “Corporate Image” … click di http://ken-image1.blogspot.com/
- Jurnal “Customer Value” … click di http://www.ken-value.blogspot.com/
- Jurnal “Customer Loyalty” … click di http://ken-loyalty.blogspot.com/
- Jurnal “Brand & Merek” … click di http://ken-merek.blogspot.com/
- Jurnal “Service Quality” … click di http://ken-servqual1.blogspot.com/
- Jurnal “MARKETING & BUSINESS” … click di http://ken-promark.blogspot.com/
- Jurnal “Customer Satisfaction” … click di http://ken-kepuasan.blogspot.com/
- Jurnal “Personal Selling” … click di http://ken-selling.blogspot.com/
- Jurnal “Corporate Culture” … click di http://ken-culture.blogspot.com/
- Jurnal “Customer Relationship Management (CRM)” … click di http://ken-crm.blogspot.com/
- Jurnal “DELPHI METHOD” … click di http://ken-delphi.blogspot.com/
- Jurnal “Kewirausahaan (Entrepreneurship)” … click di http://ken-entrepreneurship.blogspot.com/
- Business Plan dan Marketing Plan… click di http://ken-businessplan.blogspot.com/
- Artikel “Competitive Strategy” … click di http://ken-persaingan.blogspot.com/
- Jurnal “Customer Behavior (Perilaku Konsumen)”… click di http://ken-behavior.blogspot.com/
- Jurnal “LKMS (Lembaga Keuangan Mikro Syariah)”… click di http://lkmsnetkas.blogspot.com/
- Artikel “Dunia PERIKLANAN” … click di http://ken-iklan.blogspot.com/
- Artikel “QFD (Quality Function Deployment)” … click di http://ken-qfd.blogspot.com/
- Artikel “STP (Segmenting, Targeting, & Positioning)” … click di http://ken-stp.blogspot.com/
- Jurnal “EXPERIENTIAL MARKETING” … click di http://ken-experiental.blogspot.com/
- Jurnal “CSR” … click di http://ken-csr1.blogspot.com/
- Jurnal “MEREK (Brand)” … click di http://ken-merek.blogspot.com/
- Jurnal “PERIKLANAN (Advertising)” … click di http://ken-iklan.blogspot.com atau di http://ken-iklan1.blogspot.com/ atau di http://ken-iklan2.blogspot.com/ atau di http://ken-iklani.blogspot.com/
“Peluang
BISNIS ONLINE” secara Sederhana……MINAT?... coba lihat (click) dulu di http://formulabisnis.com/?id=ken_kanaidi
E:\K A N A I D I\Data\My Docu\aKEN\PENELITIAN\Call Paper\SNAB 2012_UTAMA\7. Akuntansi Keperilakuan_ISSN 2252-3936
Tidak ada komentar:
Posting Komentar